Program Kewirausahaan SMK Sumber Daya

Program Kewirausahaan SMK Sumber Daya

Program Kewirausahaan SMK Sumber Daya

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sumber Daya, memiliki program kewirausahaan

yang dikelola oleh siswa dan guru. Seperti apa?

Menciptakan siswa siap kerja, merupakan salah satu visi misi SMK Sumber Daya. Sehingga, sekolah yang berada di jalan Mustikasari kampung Babakan ini terus membekali keterampilan kepada anak didiknya, agar ketika lulus nanti siswa mampu bersaing dalam dunia industry dan dunia kerja.

Salah satu cara yang dilakukan oleh oleh sekolah tersebut dengan membuka program kewirausahaan. Dalam program tersebut, siswa diajarkan cara membuat sabun cuci dan ice cream. Tidak hanya membuat, siswa juga diajarkan cara menjualnya.

Sekolah tersebut  memiliki 7 kompetensi keahlian yakni, Teknik Mesin Pengelasan,

Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika Industri, Akutansi, dan yang terakhir Multimedia.

Dengan 7 jurusan yang ada di SMK Sumber Daya, semuanya di ikut sertakan dalam produksi wirausaha sabun dan ice cream. Progran yang sudah dijalankan sejak 2010 lalu ini, memberikan dampak positif kepada anak didiknya.

Salah seorang guru, Dian Laksita Ningrum mengaku, awal mula produk ini dari seorang pengusaha

luar pulau jawa, mengunjungi SMK  Sumber Daya dan melihat potensi anak di sekolah. Sehingga pengusaha ini memberikan ilmu pengetahuannya hanya kepada 3 orang guru perwakilan dari SMK sumber daya untuk diperdayakan kepada siswa, dimana formula ini bersifat rahasia.

Sebelum berlanjut, formula yang diberikan kepada perwakilan 3 guru ini, di uji cobakan. Ternyata tidak membutuhkan waktu lama untuk percobaan yang tentunya berhasil. Berkembangnya produksi wirausaha ini, mewajibkan siswa menjualnya produk sabun ke lingkungan rumah, dimana penentuan akhir akan menjadi bagian nilai mata pelajaran praktik kimia, fisika dan IPA.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/