Pengaruh Kebudayaan Barat Terhadap Kebudayaan

Pengaruh Kebudayaan Barat Terhadap Kebudayaan

 

Pengaruh Kebudayaan Barat Terhadap Kebudayaan

Apa itu kebudayaan barat? Apa pengaruhnya terhadap kebudayaan Indonesia? Ini akan menjadi topic yang menarik untuk di bicarakan khususnya kalangan muda-mudi sebagai generasi penerus bangsa seperti pelajar dan mahasiswa. Kita akan mencari tahu tentang jawaban dari judul di atas.

Apa itu kebudayaan barat. Selama ini jika kita mendengar, melihat, atau membaca tentang sesuatu yang kebarat-baratan, pasti kita cenderung berpikir bahwa kebudayaan barat adalah kebudayaan yang terdapat di negara sejenis Amerika, Eropa, atau lebih tepat lagi bangsa Aria atau Arya. Pertanyaan dasar saya kemukakan, mana barat dan timur jika dilihat dari Negara Eropa atau Amerika? Yak tepat sekali barat darinya adalah Asia dan timurnya adalah Afrika dan Asia Tengah. Tetapi jika dipandang dari sudut Asia, sebelah barat adalah Eropa, dan timur adalah Amerika. Lalu bagaimana ini!? ( Prinsip yang harus dipertahankan adalah bahwa Alam semesta tidak pernah memiliki konsep arah barat, timur, utara, dan selatan.

Nah, dengan ini apabila ada pertanyaan atau pernyataan berkaitan dengan kebudayaan barat, haruslah orang bertanya dahulu “barat mana yang anda maksud?”. Menurut Saya sebenarnya tahu apa itu konsep tentang kebudayaan barat di mata umum, kebudayaan barat identik kita sebut sebagai Negara-negara eropa ataupun Negara maju sekalipun tapi kita tak pernah tau Negara apa saja yang termasuk budaya barat. Nah maka dari itu akan lebih mudah jika kita langsung menyebut Negara atau Apa yang budaya apa yang mempengaruhi sesuatu. Misalnya, wah saya terkena pengaruh kebudayaan Amerika. Jelas kan? Kebudayaan yang dimaksud adalah Kebudayaan Amerika. Sebenarnya sih, orang lebih suka menyebut kebudayaan barat atau western culture atau westernisme dan orang pun mengerti maksudnya, tetapi sebagai orang yang berkecimpung dalam bidang akademis saya wajib memberitahukan dan mengemukakan informasi ini untuk dapat ikut serta dalam melestarikan kebudayaan Indonesia .