Mengenang Perjuangan Bangsa

Table of Contents

Mengenang Perjuangan Bangsa

 

Sebenarnya tanah air kita telah digrogoti penjajah sejak dulu kala, baik harga diri, kejayaan, maupun harta buminya.

Bermula, sejak kedatangan bangsa Portugis pada tahun 1511. Kemudian, dilanjutkan oleh penjajah Belandapada tahun 1602. Hingga penjajah Jepang yang masuk pada tahun 1939.

Satu masa penjajahan yang panjang dan telah menimbulkan banyak perlawanan yang berulang-ulang. Mulai dari ujung pulau Sumatera sejak zaman kerajaan Aceh, sampai ke Indonesia bagian Timur.

Sehingga melahirkan pahlawan mulai dari Imam Bonjol di Minangkabau, Fatahillah di Jayakarta, Pangeran Dipenogoro di Jawa, Pangeran Antasari di Kalimantan, dan banyak lagi, tak terbilang, tak bernama, tapi tak terlupakan.

Hingga bangsa Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaanya pada tanggal 17 Agustus 1945. Oleh sebab itu, marilah kita kenang kembali, sejarah perjuangan bangsa. Demi mereka yang berjuang untuk nusa dan bangsa Indonesia. Mengenang kepahlawanan mereka untuk penghayatan nilai-nilai perjuangan, semangat, dan pengorbanan tanpa perhitungan. Mari kita kenang kembali ribuan pejuang yang wafat demi cita-cita merdeka untuk kita.

Baca Juga  :