KRISIS DAN MITOS PERANGKAT LUNAK

KRISIS DAN MITOS PERANGKAT LUNAK

KRISIS DAN MITOS PERANGKAT LUNAK

Tidak dapat dipungkiri, dibalik perkembangannya yang sangat pesat, software tengah menghadapi suatu krisis. Krisis ini menyangkut pada serangkaian masalah yang terjadi dalam perkembangan perangkat lunak komputer baik pada fase developing maupun pada fase maintenance. Masalah-masalah ini menimbulkan mitos-mitos buruk tentang perangkat lunak dan pengembangannya yang membuat pengembangan perangkat lunak tidak bisa maksimal. Mitos ini berkembang baik di kalangan manajemen, konsumen/user, dan para praktisi sendiri.

Para profesional mengakui pemikiran yang keliru dari berbagai mitos yang berkembang tersebut. Namun, sikap dan metode yang biasa digunakan mendukung buruknya praktik teknis dan manajemen, bahkan ketika kenyataan menunjukkan pendekatan yang baik. Mitos tersebut harus segera dihilangkan/diselesaikan, dan pengakuan akan mitos tersebut merupakan langkah awal untuk menyelesaikannya.

Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah program-program, data, dan dokumen yang telah menciptakan evolusi pada kehidupan manusia beberapa dekade terakhir. Perangkat lunak dan sistem komputer telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan keseharian manusia dan mencangkup berbagai macam bidang. Namun, dibalik perkembangannya yang sangat pesat, industri software tengah menghadapi permasalahan, krisis, dan mitos yang harus segera diselesaikan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode perekayasaan perangkat lunak yang tepat dan telah terstandarisasi dengan baik sehingga dapat menghasilkan perangkat lunak dengan kualitas lebih tinggi.

Sumber : https://sam-worthington.net/