Keluhan Masyarakat soal Nilai Bagus Kalahkan Jarak Dekat

Keluhan Masyarakat soal Nilai Bagus Kalahkan Jarak Dekat

Keluhan Masyarakat soal Nilai Bagus Kalahkan Jarak Dekat

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK

tahun pelajaran 2018-2019 dibuka mulai 5 – 10 Juli 2018.

Menurut Setia Nugraha, Humas Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kota Bekasi, PPDB Online kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini, PPDB dibagi menjadi beberapa golong. Sebesar 70 persen hasil PPDB diambil dari nilai Ujian Nasional (UN), 30 persennya dari zonasi wilayah.

“Berbeda dengan tahun lalu, PPDB tahun ini 70 persennya dari nilai, 30 persennya dari zonasi wilayah. Mungkin salah satu strategi pemerintah mengurangi kemacetan dengan jalur zonasi ini,” ungkap Setia, Rabu (4/7/2018).

Ia menambahkan, jalur zonasi berlaku mencapai 20 kilometer dari jarak sekolah.

Dengan lingkup zonasi yang cukup meluas, terdapat masyarakat yang mengeluhkan jalur zonasi.

“Ada masyarakat yang mengeluhkan jalur zonasi, masyarakat yang melewati jalur zonasi, calon didiknya yang memiliki nilai tinggi akan kalah dengan calon siswa nilai kecil tapi masuk jalur zonasi,” tuturnya.

Dari sisi lain, proses pendaftaran PPDB Setia Nugraha menyatakan, calon siswa wajib

menyiapkan kelengkapan dokumen seperti FC KK kelahiran, FC Ijasah, SHUN, kartu keluarga, KTP orangtua, surat kelakuan baik dari sekolah asal.

“Kelengkapan dokumen sudah diinformasikan jelas. Seluruh calon siswa wajib melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Jangan lupa juga surat tanggung jawab orang tua yang harus diisi dengan orang tua, pas foto 4×6 3 lembar, dokumen khusus sesuai jalur yang dipilih, dan juga dokumen asli yang disertakan untuk diverifikasi oleh panitia pendaftaran,” tegas Setia.

Ia juga menambahkan, pendaftar tidak diperkenankan mencabut atau merubah pilihan satuan pendidikan setelah data calon di unggah/upload oleh panitia bagian operator.

 

Baca Juga :