Kasus Ilham Bintang, regulator akan evaluasi sistem ganti kartu SIM

Kasus Ilham Bintang, regulator akan evaluasi sistem ganti kartu SIM

Kasus Ilham Bintang, regulator akan evaluasi sistem ganti kartu SIM

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi sistem pendaftaran dan pergantian kartu Subscriber Identity Module (SIM).

Baca juga: Pakar digital forensik ungkap modus pencurian SIM Ilham Bintang

“Kami ingin evaluasi tiap-tiap rangkaian informasi,” kata Direktur Jendera Aplikasi Informatika Kominfo sekaligus anggota BRTI, Semuel Pangerapan, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Evaluasi ini dilakukan setelah kasus pembobolan akun bank milik wartawan senior Ilham Bintang karena nomor ponselnya dicuri. Pelaku diketahui mendatangi gerai Indosat. Pelaku mengaku sebagai Ilham Bintang kemudian meminta penggantian kartu SIM kepada petugas. Setelah nomor SIM diambil alih, pelaku kemudian menggasak uang Ilham Bintang.

Setiap operator seluler memiliki standar operasional masing-masing yang mengacu

pada peraturan tentang telekomunikasi, salah satunya Peraturan Menteri Kominfo nomor 21 Tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Selama ini, operator seluler melakukan verifikasi tambahan di luar data-data administratif ketika pelanggan mereka meminta penggantian kartu SIM, misalnya pelanggan diminta menyebutkan nomor yang terakhir ditelepon dan besaran transaksi yang terakhir dilakukan.

Anggota BRTI I Ketut Prihadi menambahkan usulan data pembanding

untuk verifikasi data di operator seluler, seperti kartu keluarga atau kartu kredit.

BRTI menegaskan meski pun sudah ada standar operasional yang cukup baik dari masing-masing operator seluler, penting untuk mengetahui bagaimana implementasi aturan tersebut di lapangan.

“Kalau semua sudah benar, artinya yang harus ditingkatkan implementasi di lapangan,” kata Ketut.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Rekening Bank Commonwealth

milik Ilham Bintang dibobol oleh pencuri setelah pelaku, yang berpura-pura menjadi Ilham Bintang, mendapatkan kartu SIM pengganti di gerai Indosat di Tangerang, Banten.

 

sumber :

https://voi.co.id/seva-mobil-bekas/