Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi OPEC

Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi OPEC

Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi OPEC

Diawal tahun 2008

Harga minyak mentah bereaksi terhadap permintaan dan penawaran untuk jangka pendek dan tingkat investasi untuk jangka yang lebih panjang.
Permintaan akan minyak, sama seperti permintaan akan energi pada umumnya, berhubungan erat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk maka kebutuhan akan minyak suatu Negara miningkat. Pada saat ekonomi tumbuh, maka lebih banyak energi yang dikonsumsi, baik untuk proses produksi dan distribusi hasil produksi kepada konsumen, maupun meningkatnya konsumsi oleh sektor rumah tangga seiring dengan meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan bermotor.
Meregulasi Produksi Minyak Pada Tahun 2008 
Meningkatnya permintaan akan mengakibatkan naiknya harga minyak. Maka dengan adanya faktor atau fenomena tersebut di atas diperlukan suatu aturan untuk memenuhi kebutuhan dan untuk mengoptimalkan energi maka peran OPEC muncul disini dengan meregulasikan produksi minyaknya untuk memenuhi kebutuhan itu. Selain itu, saat ekonomi disuatu Negara mengalami penurunan permintaan akan minyak dan energi lainnya cenderung menurun, sehingga harga minyakpun ikut turun. maka perlu diketahui sebelumnya, Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi penawaran akan minyak:
a. Kebijakan kuota produksi OPEC yang ditetapkan untuk anggotanya.
b. Strategi negara-negara non-OPEC mengurangi produksi untuk menaikkan harga minyak.
c. Keadaan politis yang tidak stabil pada negara-negara penghasil minyak di Timur Tengah seperti Irak dan Iran yang menghambat produksi minyak.
Terkait dengan investasi, jika investasi tidak dilakukan jauh sebelumnya, persediaan minyak menjadi terbatas untuk jangka waktu yang lebih panjang, sehingga akan menaikkan harga. Sentimen juga merupakan faktor penting jika para pelaku pasar minyak percaya bahwa akan ada penurunan penawaran minyak maka mereka akan menaikkan harga bahkan sebelum hal tersebut benar-benar terjadi. Faktor lainnya yang mempengaruhi harga minyak menurut OPEC yang dapat menimbulkan regulasi untuk mengaturnya adalah kecelakaan, cuaca yang buruk, menaiknya permintaan, transportasi minyak yang diragukan dari produsen, pemogokan karyawan, serta gangguan terhadap produksi lainnya, termasuk perang dan bencana alam. Maka dengan hal-hal tadi menyebabkan adanya kenaikan harga minyak, bisa terlihat dengan adanya hal-hal diatas menyebabkan kenaikan minyak yang terjadi pada bulan juli 2007 pada saat adanya pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk hingga memasuki tahun 2008.