Dikpora Maluku Programkan Peningkatan Kapasitas Guru

Dikpora Maluku Programkan Peningkatan Kapasitas Guru

Dikpora Maluku Programkan Peningkatan Kapasitas Guru

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Maluku memprogramkan

peningkatan kapasitas guru agar dapat mendongkrak nilai hasil ujian nasional siswa SMP dan SMA di tahun mendatang.

“Untuk hasil UN tahun ini, kita tidak termasuk kategori tataran bawah karena untuk tingkat SMA, hasil integritas yang diperoleh kemarin kurang lebih 55,15 persen secara nasional,” kata Kadis Dikpora Maluku, Saleh Tio di Ambon, Rabu (15/7).

Artinya Provinsi Maluku tidak berada pada posisi bawah karena masih banyak

daerah lain yang persentasenya berada di bawah level tersebut.

Hanya saja ada beberapa kabupaten/kota di Maluku yang memang memiliki nilai integritas di bawah seperti Buru Selatan 15,60 persen sehingga posisi ini ikut mempengaruhi kondisi daerah.

Padahal, kata Saleh, ada juga kabupaten/kota yang cukup melewati passing grade t

oleransi ini, misalnya untuk Kota Ambon 72 persen, sama halnya dengan Kabupaten Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru sehingga kondisi ini akan menjadi bahan kajian.

“Ketika kita coba mengidentifikasi sampai pada tingkat mata pelajaran, maka perlu langkah selanjutnya berupa penguatan kapasitas guru yang bisa dilakukan melalui program KPG dan beberapa program lain, khususnya untuk mata pelajaran UN,” ujarnya.

Memang diakui sudah cukup banyak sekolah di Maluku yang berintegritas, terutama di Kota Ambon, termasuk di Kabupaten Maluku Tenggara atau Maluku Tenggara Barat juga sudah ada.

“Yang paling terbaik saat ini adalah SMA Siwalima yang siswanya mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke beberapa universitas ternama, bahkan sampai ke luar negeri,” jelas Saleh.

Karena itu, peningkatan kualitas guru untuk mata pelajaran UN segera dilakukan agar hasilnya di tahun mendatang bisa lebih baik.

 

Sumber :

https://busbagus.co.id/peristiwa-merah-putih/