Database Access 2007 dengan Data Environment

Database Access 2007 dengan Data Environment

Database Access 2007 dengan Data Environment

Pada menu Project pilih Add Data Environment, bila tidak ada pilih More ActiveX Designer – Data Environment.

Klik kanan pada Connection1, pilih Properties.

Pada tab Provider, pilih Microsoft Office 12.0 Access Database OLE DB Provider, kemudian klik Next.

Ketikan nama dan lokasi databasenya. Jika lokasi database terletak dalam satu folder dengan project, maka anda tinggal mengisikan nama database. Bila database terletak dalam sub folder lagi, isi nama subfoldernya misal “database\penjualan.accdb”.

Klik Test Connection untuk memastikan benar salahnya anda mengentrikan lokasi database. Bila benar akan muncul pesan “Test Connection Succeed”.

Klik OK, kemudian tambahkan Command untuk menghubungkan table yang ada pada Database dengan klik kanan pada Connection, klik Add Command.

Keluarkan properties Command1 dengan klik kanan pada Command1, pilih Properties.

Isi nama command pada Command Name misalnya barang. Pada Source of Data ada dua pilihan yaitu kita mengambil dari object database seperti Table Query, View atau kita bisa menggunakan SQL Statement untuk membuat query baru. Kali ini kita pakai Database Object adalah Table kemudian pada Object Name pilih Table Barang. Pada object name akan muncul semua tabel yang ada pada database yang anda buat. Object name tidak harus barang, tergantung table apa yang ingin anda gunakan yang ada pada database.
Pada tab Advanced, di bagian Locked Type pilih “3-Optimistic” supaya kita bisa merubah data yang ada pada table.

adLockReadOnly, data hanya untuk dibaca saja
adLockPessimistic, penguncian record dilakukan ketika user menggunakan metode edit.
adLockOptimistic, penguncian record dilakukan ketika user menggunakan metode update.
adLockBatchOptimistic, record dikunci dengan mode Update Batch, artinya setiap kali user mengedit record, akan secara otomatis diupdate tanpa harus menggunakan metode update.

Sekarang anda tinggal drag rsbarang ke form. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini

Nama dan banyaknya field tergantung pada table yang ada pada databse akses yang telah anda buat. Jika form dijalankan maka akan ditapilkan record pertama untuk data barang.

Tampilan form masih sederhana. Anda bisa memberikan tombol navigasi untuk berpindah record. Sekian dulu… Semoga bermanfaat!!!

Sumber : https://downloadapk.co.id/