ASPEK INTERNASIONAL DALAM PEMBANGUNAN

ASPEK INTERNASIONAL DALAM PEMBANGUNAN

ASPEK INTERNASIONAL DALAM PEMBANGUNAN

Perkembangan ekonomi akan mengakibatkan perubahan

dalam komposisi perdagangan internasional. Pembangunan negara sedang berkembang biasanya diikuti dengan kenaikan impor bagi negara-negara tersebut. Berkembangnya investasi dicerminkan oleh kenaikan permintaan akan barang-barang untuk investasi termasuk mesin-mesin dan sebagainya.

Berhubungan dengan banyaknya impor tersebut, dalam banyak hal akan menimbulkan kesulitan dalam neraca Pembayaran Internasional. Di samping impor barang-barang kapital juga biasanya diimpor pula barang-barang konsumsi. Oleh karena itu tampaknya volume perdagangan internasional dari negara sedang berkembang meningkat bersama-sama dengan kemajuan yang dialaminya.

 

Bagi negara belum maju sekarang ini

tampak bahwa bidang perdagangan luar negeri masih tergantung pada pasar dunia. Negara-negara tersebut mengekspor barang-barang primer untuk keperluan impornya.Macam barang yang diekspor masih sedikit sehingga kerapkali mengalami kesulitan-kesulitan Neraca Pembayaran Internasional.

Mengenai harga pasar telah diusahakan stabilisasinya supaya dasar tukar tidak memburuk. Usaha-usaha itu misalnya melalui persetujuan timah internasional (International Tin Agreement), persetujuan gula (Sugar Agreement) organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) dan sebagainya.

 

Pada hakikatnya aspek internasional

dalam pembangunan ekonomi negara sedang berkembang dalam hubungannya dengan negara-negara industri yang telah maju ialah bahwa Negara sedang berkembang dapat mendatangkan alat-alat kapital dari negara maju. Kestabilan harga di pasar dunia juga banyak mempengaruhi kegiatan-kegiatan ekspor negara belum maju terutama ekpor produksi primer. Investasi modal asing juga dapat membantu Negara sedang berkembang. Tetapi hal ini membutuhkan banyak syarat antara lain adanya kestabilan politik, dan keamanan di negara sedang berkembang tersebut.

Artikel Lainnya :