20 Sekolah Bakal Dimerger

20 Sekolah Bakal Dimerger

20 Sekolah Bakal Dimerger

 Karena memiliki jumlah siswa yang sedikit, sebanyak 20 Sekolah Dasar (SD) di enam Kecamatan Kota Bekasi akan dimerger.  Hal itu dilakukan untuk mengefisiensi anggaran operasional dan tenaga pendidik.

Data dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, pada tahun 2017 laly  jumlah sekolah

dasar negeri mencapai 419 tersebar di seluruh Kota Bekasi, dengan jumlah murid mencapai 199.002. Artinya, satu sekolah terdapat 16 guru, baik itu guru kelas, agama, dan olahraga.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengaku, langkah tersebut dilakukan karena sekolah tersebut hanya memiliki jumlah siswa dibawah 200 siswa. Selain itu, sekolah yang kekurangan fasilitas,  biaya operasional tidak mencukupi,  dan didalam satu wilayah terdapat lebih dari satu sekolah.

“Kalau jumlah muridnya sedikit bisa membebani anggaran operasional

di samping itu jumlah guru masih belum ideal. Dengan merger, kekurangan tenaga pendidik bisa ditekan, karena guru dari sekolah yang dimerger bisa dipindahkan ke sekolah lain yang masih kekurangan guru,” katanya (3/9).

Inay juga mengatakan,  sekolah yang akan di merger diantaranya di kecamatan Bekasi Barat, Bekasi Timur, dan Bekasi Selatan. Inay juga menambahkan, pihaknya akan terus melakukan merger SD bagi sekolah yang jumlah muridnya tak lebih dari 200 siswa.

“Kendala merger biasanya mendapatkan penolakan dari orang tua siswa,

karena setelah merger letak sekolah dengan tempat tinggal menjadi jauh. Tapi kalau tidak kami meter dengan jumlah sedikit murid otomatis jumlah guru banyak.  Lebih baik kita menempatkan guru yang kelebihan tersebut ke tempat yang lebih membutuhkan.  Karena ini juga sebagai program pemerataan pendidikan di kota Bekasi, ” tutupnya

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/